University Battle Mapping 2021

Humanitarian OpenStreetMap Team Indonesia yang sekarang dikenal dengan Perkumpulan OpenStreetMap Indonesia sejak tahun 2012 aktif melakukan pelatihan OpenStreetMap. Universitas merupakan salah satu pihak yang mengikuti pelatihan ini. Universitas memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan perkembangan data OSM di Indonesia.

Tahun ini, kami mengadakan pelatihan OSM untuk mahasiswa dari delapan universitas di Indonesia yang merupakan rangkaian dari program Uni Roadshow kami. Tahun 2017 lalu kami mengadakan kompetisi Uni Battle Mapping, sebuah kompetisi menambahkan data OSM antar universitas. Melanjutkan semangat kompetisi antar universitas, tahun ini kami mengadakan kompetisi serupa bertajuk Uni Battle Mapping 2021 sebagai ajang kompetisi antar universitas dalam menambahkan data OSM.

Timeline University Battle Mapping 2021

Ketentuan Kompetisi

  1. Peserta University Battle Mapping 2021 adalah peserta yang masih berstatus mahasiswa aktif D3/D4/S1/S2/S3 dari universitas/sekolah tinggi setara universitas di Indonesia.
  2. Peserta wajib mengirimkan bukti status mahasiswa aktif dengan mengirimkan scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan screenshot halaman profil mahasiswa di website universitas masing-masing sebagai syarat registrasi.
  3. Peserta membentuk sebuah tim untuk berpartisipasi dalam kompetisi. Setiap tim terdiri dari dua orang mahasiswa wajib berasal dari universitas yang sama.
  4. Masing-masing peserta wajib memiliki akun OpenStreetMap.
  1. Area yang dipetakan adalah area rawan bencana di pulau Sumatera dan Kalimantan.
  2. Peserta wajib memetakan area yang sudah ditentukan oleh panitia.
  3. Peserta wajib memetakan area yang sudah ditentukan hingga area terpetakan setidaknya 80%. Jika sudah selesai terpetakan setidaknya 80%, panitia akan menyediakan area pemetaan baru. Peserta diperbolehkan untuk memetakan area setelah task sudah 80% terpetakan selama task belum di-archived.
  4. Peserta dilarang untuk memetakan di luar area yang sudah ditentukan.
  5. Peserta wajib memetakan sesuai dengan kaidah dan ketentuan umum pemetaan OpenStreetMap dan mempertahankan kualitas data pemetaan.
  1. Registrasi dibuka selama tiga minggu.
  2. Setelah registrasi, setiap tim wajib mengerjakan soal seleksi. Hanya tim yang lolos seleksi yang berhak mengikuti kompetisi.
  3. Saat masa registrasi dibuka, panitia akan mengadakan dua webinar pemetaan OSM menggunakan dua alat berbeda yaitu iD Editor dan JOSM. Peserta dan calon peserta dianjurkan mengikuti webinar ini.
  4. Kompetisi pemetaan berlangsung selama tiga minggu. Peserta dilarang menambahkan dan memperbaiki data di luar waktu yang telah ditentukan oleh panitia.
  5. Apabila peserta/tim kedapatan menambahkan data di luar waktu yang ditentukan oleh panitia, maka tim tersebut akan langsung didiskualifikasi dan tidak dapat meneruskan kompetisi.
  6. Peserta dilarang melakukan import data ke OpenStreetMap.
  7. Apabila peserta/tim kedapatan meng-import data ke OpenStreetMap, maka tim tersebut akan langsung didiskualifikasi dan tidak dapat meneruskan kompetisi.
  8. Pengumuman pemenang dilaksanakan setelah masa penilaian selesai.
  9. Setiap keputusan panitia adalah mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat.
  10. Segala peraturan yang dirasa dibutuhkan dapat dibuat oleh panitia nantinya.
  1. Objek yang dipetakan adalah bangunan.
  2. Penilaian dilakukan dengan memberikan poin oleh panitia berdasarkan hasil penambahan data yang dilakukan oleh peserta:
    • Building (building=yes) = 0.2 point
  3. Pengurangan nilai akan dilakukan apabila terdapat:
    • Tag tidak sesuai objek = -1 point
    • Building tidak sesuai citra (geser atau bentuk tidak sesuai) = -1 point
    • Building tidak memiliki sudut siku-siku (tidak orthogonalized) kecuali di citra satelit memang tidak siku-siku = -1 point
    • Warning: Building crosses building/Overlapping buildings = -1 point
    • Warning: Building crosses highway/road = -1 point
    • Warning: Building inside building = -1 point (di iD tidak terdeteksi)
    • Warning: Node connects highway and building = -1 point (di iD tidak terdeteksi)
    • Error: Duplicated ways = -1 point (di iD tidak ada)

Disclaimer: Panitia menggunakan JOSM untuk melakukan penilaian.


Tahapan Perlombaan

Registrasi

Daftarkan tim kamu yang terdiri dari 2 orang dengan kriteria dan syarat berdasarkan ketentuan kompetisi.

Seleksi Awal

Link seleksi awal bisa kamu dapatkan di halaman terakhir setelah men-submit form registrasi. Pelajari materinya di sini.

Webinar

Kompetisi

Kompetisi pemetaan dilaksanakan selama 3 minggu.

Pengumuman

Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada kegiatan OSM GeoWeek (November 2021)

Raih total hadiah

Puluhan Juta Rupiah!

+ e-certificate

Batas Pendaftaran

Days
Hours
Minutes
Second

Ada pertanyaan?