Tentang Kami

Perkumpulan OpenStreetMap Indonesia atau POI merupakan organisasi non-profit yang bergerak di bidang pemetaan dengan tujuan peningkatan kapasitas masyarakat dan pembangunan berkelanjutan melalui penggunaan platform bebas terbuka, OpenStreeMap.

Visi Kami

Memasyarakatkan penggunaan data geospasial untuk pembangunan berkelanjutan dan pengembangan kapasitas sumberdaya manusia.


Misi Kami

  • Memasyarakatkan Penggunaan Data Geospasial Terbuka melalui analisa keruangan, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan informasi yang akurat, terbuka, serta dapat diakses oleh masyarakat.
  • Mengembangkan Kapasitas kami berupaya untuk menjangkau serta mengembangkan kapasitas dari masyarakat dari berbagai sektor seperti akar rumput (grassroots), komunitas open-source, dan universitas sebagai agen perubahan.
  • Inovasi Data melalui pengembangan perangkat lunak yang bebas dan terbuka, kami berkomitmen untuk menghasilkan kualitas data yang baik dan relevan dalam menjawab kebutuhan masyarakat.

Sejarah Kami

Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) merupakan organisasi non-profit internasional yang berfokus pada aksi kemanusiaan dan pengembangan kapasitas melalui pemetaaan bebas terbuka, OpenStreetMap.


Pada Tahun 2011, HOT memulai proyek di Indonesia (HOT Indonesia) dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai penting nya data spasial untuk pengurangan resiko bencana di Indonesia dan membangun komunitas openstreetmap lokal.

Dalam rentang waktu 6 tahun, kami terus berupaya untuk memasyarakatkan penggunaan OpenStreetMap bagi seluruh kalangan masyarakat melalui berbagai kegiatan pelatihan dan pemetaan wilayah di seluruh Indonesia.

Tahun 2017, HOT Indonesia terus bergerak maju dengan mengembangkan entitas lokal bernama ‘Perkumpulan OpenStreetMap Indonesia‘ atau POI. Dengan semangat yang sama, kami percaya POI dapat terus memasyarakatkan penggunaan data geospasial bebas terbuka untuk dapat digunakan dalam menjawab berbagai kebutuhan yang ada di masyarakat.