Marunda Urban Resilience in Action Alliance (MURIA)

Marunda Urban Resilience in Action Alliance (MURIA) merupakan sebuah projek (kerjasama antara KARINA, Bina Swadaya Konsultan, Ewindo, Care International dan Humanitarian OpenStreetMap Team) yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat yang hidup dan tinggal di kota – terutama mereka yang miskin dan rentan – untuk mencegah/melawan, menyerap, mengakomodasi dan memulihkan diri dari ancaman atau gangguan dan tekanan. Marunda merupakan salah satu kelurahan yang ada di Jakarta Utara dimana terdapat banyak permukiman kumuh dengan populasi penduduk yang padat dan mengalami banjir berskala kecil dan besar beberapa kali per bulan.

Salah satu kegiatan pada projek ini adalah pemetaan lapangan yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan membuat peta daerah tersebut agar masyarakat yang tinggal di daerah tersebut dapat mengetahui kondisi wilayah mereka. Adapun objek-objek yang dipetakan diantaranya fasilitas-fasilitas umum, jalan dan rumah penduduk (per KK). Cakupan wilayah pemetaannya adalah RW 07 dan RW 10, Kelurahan Marunda.

Peserta pelatihan cukup beragam, mulai dari warga Kelurahan Marunda, staf Kelurahan Marunda, staf Kecamatan Cilincing, staf BPBD DKI Jakarta sampai LSM. Dengan terlibatnya warga lokal dalam pembuatan peta diharapkan informasi peta yang dikumpulkan akan lebih baik dan valid karena warga lokal lebih mengetahui wilayah mereka, selain itu diharapkan peta yang dihasilkan akan menjadi peta yang berasal dari komunitas dan untuk komunitas itu sendiri.

Informasi lebih lanjut:

1. OpenStreetMap Marunda

2. Ushahidi Map for Marunda

3. Drupal Map for Marunda