Manokwari, Papua Barat

Manokwari terletak di Provinsi Papua Barat yang berada di paling timur dan berbatasan dengan negara lain. Kondisi alamnya yang dikelilingi perbukitan dan terdapat potensi alam bahari yang indah menjadikan kawasan Manokwari menjadi salah satu kunjungan wisata. Manokwari juga memiliki potensi bencana yang dapat mengancam penduduknya, dilewati oleh 2 lempeng tektonik menjadikan Manokwari memiliki potensi bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Oleh karena itu, Badan Perencanaan Bencana Daerah Kabupaten Manokwari bekerja sama dengan Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT), AIFDR, Oxfam, dan berbagai LSM lainnya membuat suatu perencanaan pemetaan dalam rangka mengantisipasi bencana gempa bumi dan tsunami, dengan mengadakan workshop yang dilaksanakan pada 1-5 Oktober 2012 di SwissBell Hotel Manokwari yang dihadiri oleh peserta dari berbagai instansi dan LSM yang diajarkan pemahaman bencana kontigensi dan pemetaan. Mereka melakukan digitasi wilayah Manokwari berupa infrastruktur bangunan yang penting dan bisa dijadikan lokasi evakuasi juga melengkapi jalan yang tidak ada sebelumnya.

Hasilnya sangat memuaskan, saat ini wilayah Kabupaten Manokwari dapat terpetakan dengan baik dan dapat dilihat di www.openstreetmap.org seperti yang terlihat pada peta di bawah ini :

[osm_map lat=”-0.8667″ long=”134.0831″ zoom=”13″ width=”550″ height=”450″ marker_file=”http://wiki.openstreetmap.org/w/images/c/c9/Hot_logo.svg” theme=”dark” type=”Map Quest”]