Pelatihan Ushahidi untuk Pelaporan Real-time di Maumere, Nusa Tenggara Timur

[dropcap background=”” color=”” circle=”0″ size=”1″]S[/dropcap]elain mengadakan pelatihan serta peningkatan kapasitas bagi masyarakat dan juga aparat desa, Caritas Keuskupan Maumere (CKM) juga mengadakan pelatihan Ushahidi bagi para staff. Pelatihan Ushahidi ini bertujuan untuk memperkenalkan Ushahidi sebagai media pelaporan suatu kejadian secara real time. Setelah mengetahui mengenai apa itu Ushahidi nantinya para staff CKM akan mencoba membuat beberapa kategori untuk setiap kejadian yang akan dilaporkan. Barulah setelah itu para staff akan mulai memasukan laporan ke dalam Ushahidi. (Untuk membuka website Ushahidi Maumere, silakan klik di sini)

Halaman utama situs website Ushahidi Maumere

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 26-27 April 2017, bertempat di Kantor CKM, Maumere. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 17 orang staff CKM, dengan rincian 10 orang laki-laki dan 7 orang perempuan.

Pada hari pertama, para peserta diberikan pengenalan mengenai apa itu Ushahidi. Ushahidi merupakan sebuah platform pelaporan secara real time yang memungkinkan semua pengguna dapat melaporkan kejadian apapun sesuai dengan kategori yang telah disepakati sebelumnya. Pada pelatihan hari pertama, para peserta diajak untuk sedikit melihat contoh platform Ushahidi yang telah dibuat di Project MURIA. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan tampilan utama dari Ushahidi serta bagaimana kegunaan Ushahidi dalam merekam suatu kejadian.

Suasana pelatihan Ushahidi yang diikuti oleh para staff CKM

Setelah itu para peserta diajak untuk berdiskusi menentukan kategori-kategori yang akan digunakan dalam melakukan klasifikasi dari setiap laporan yang akan masuk ke dalam Ushahidi. Kegiatan diskusi dimulai dari penentuan prioritas program serta informasi apa yang ingin ditampilkan dalam situs tersebut serta form pertanyaan untuk masing-masing kategori. Adapun [tooltip hint=”Silakan klik pada masing-masing kategori untuk melihat keterangan lebih lanjut”]kategori yang disepakati adalah[/tooltip]:

[popup title=”Program” padding=”0″ button=”0″]

  • Disaster Risk Reduction (DRR)
  • Community Based Rehabilitation (CBR)
  • Rehabilitasi kakao
  • Min Flores

[/popup],

[popup title=”Infrastruktur” padding=”0″ button=”0″]

  • Gereja katolik
  • Gereja protestan
  • Masjid
  • Pura
  • Sekolah
  • Perguruan tinggi
  • Rumah sakit
  • Puskesmas
  • Kantor polisi
  • Kantor pemerintahan
  • Bank
  • Pusat ekonomi
  • Transportasi
  • Akomodasi
  • Hiburan
  • Fasilitas olahraga

[/popup],

[popup title=”Kebencanaan” padding=”0″ button=”0″]

  • Titik ancaman
  • Kesiapsiagaan
  • Emergency responses

[/popup],

[popup title=”Kemitraan” padding=”0″ button=”0″][/popup],

[popup title=”Komisi PSE” padding=”0″ button=”0″]

  • Pendidikan dan pelatihan
  • Pemberdayaan ekonomi

[/popup],

[popup title=”Sosial Ekonomi” padding=”0″ button=”0″]

  • Bank sampah
  • Panti asuhan
  • Koperasi

[/popup],

[popup title=”Pariwisata” padding=”0″ button=”0″]

  • Objek wisata alam
  • Objek wisata rohani
  • Objek wisata budaya

[/popup],

[popup title=”Sumber Daya Alam” padding=”0″ button=”0″]

  • Titik mata air
  • Penggunaan lahan

[/popup],

Setelah disepakati, para peserta diberi tugas untuk mencari informasi kegiatan yang telah dilakukan CKM untuk dimasukan ke dalam platform Ushahidi pada keesokan harinya.

Kategori-kategori yang telah ditentukan dan dimasukan ke dalam Ushahidi Maumere

Contoh tampilan formulir pertanyaan yang telah dibuat

Pada hari kedua, para peserta berlatih memasukan data-data laporan dan juga objek-objek penting di Maumere sesuai dengan kategori yang telah disepakati di hari sebelumnya. Kegiatan ini berlangsung hingga menjelang istirahat sore. Setelah istirahat sore, para peserta diajarkan bagaimana mengelola Ushahidi sebagai seorang admin. Namun, pada sesi ini tidak semua peserta boleh mengikuti, melainkan hanya peserta yang telah dipilih menjadi seorang admin.

Tampilan data-data infrastruktur yang telah dimasukan oleh para peserta

Para peserta yang telah dipilih menjadi admin diajarkan bagaimana cara membuat kategori, membuat pertanyaan untuk masing-masing formulir, mengubah ikon kategori, serta menyetujui atau membatalkan laporan. Kegiatan berlangsung hingga pukul 17.00 WITA

Secara keseluruhan kegiatan pelatihan dapat berlangsung dengan baik. Para peserta pelatihan telah mampu memasukan laporan kejadian apapun ke dalam Ushahidi sesuai dengan kategori yang diinginkan. Selain itu, para peserta yang telah ditunjuk sebagai admin juga telah mampu menjalankan tugasnya dengan baik di akhir pelatihan.

[idea]Untuk dapat melihat hasil pelaporan para peserta, Anda dapat melihatnya di sini.[/idea]