PDC

Mitra

Proyek pemetaan di beberapa kota di Indonesia yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID) dan diimplementasikan Pacific Disaster Center (PDC) dan dijalankan oleh Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) dan MIT Urban Risk Lab (Petabencana.id).

Kegiatan pemetaan dilaksanakan selama hampir 2 tahun dari 2016 hingga 2018 di 3 kota besar Indonesia, yaitu Surabaya, DKI Jakarta dan Semarang. Kegiatan pemetaan ini dilaksanakan oleh Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) Indonesia dengan melibatkan dukungan dari pemerintah setempat seperti pemerintah kota dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di masing-masing kota.

Tujuan dari kegiatan pemetaan ini adalah untuk melengkapi dan menyediakan data-data publik yang bersifat spasial sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan manajemen kebencanaan baik oleh pemerintah lokal seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan juga pemerintah pusat seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta untuk masyarakat dan komunitas.