TENTANG KAMI


VISI KAMI


Memasyarakatkan penggunaan data geospasial terbuka untuk pembangunan berkelanjutan dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia.


MISI KAMI


Memasyarakatkan penggunaan data geospasial terbuka

Melalui analisa keruangan, kami memiliki tujuan untuk menghasilkan informasi yang akurat, terbuka, serta dapat diakses oleh masyarakat

Mengembangkan Kapasitas

Kami berupaya untuk menjangkau serta mengembangkan kapasitas bagi masyarakat dari berbagai sektor seperti akar rumput (grassroots), komunitas open-source, dan universitas sebagai agen perubahan

Inovasi Data

Melalui penggunaan perangkat lunak yang bebas dan terbuka Kami berkomitmen untuk menghasilkan kualitas data yang baik dan relevan dalam menjawab kebutuhan masyarakat


PERJALANAN KAMI

Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) merupakan organisasi non-profit internasional yang berfokus pada aksi kemanusiaan dan pengembangan kapasitas melalui pemetaan bebas terbuka, OpenStreetMap.

Pada tahun 2011, HOT memulai proyek di Indonesia (HOT Indonesia) dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya data spasial untuk pengurangan risiko bencana di Indonesia dan membangun komunitas OpenStreetMap lokal.

Dalam rentang waktu 6 tahun, kami terus berupaya untuk memasyarakatkan penggunaan OpenStreetMap bagi seluruh kalangan masyarakat melalui berbagai kegiatan pelatihan dan pemetaan wilayah di seluruh Indonesia.

Tahun 2017, kami terus bergerak maju dengan mengembangkan entitas lokal bernama ‘Perkumpulan OpenStreetmap Indonesia’ atau POI. Dengan semangat yang sama, kami percaya POI dapat terus memasyarakatkan penggunaan data geospasial bebas terbuka untuk dapat digunakan dalam menjawab berbagai kebutuhan yang ada di masyarakat.


TIM KAMI


Dewi Sulistioningrum

Head of Operations

Dewi bergabung dengan Humanitarian OpenStreetMap Team sejak tahun 2012 dalam proyek SD4CP di 6 provinsi di Indonesia. Saat ini bergabung dengan POI dalam mendukung pemetaan yang gratis dan terbuka di Indonesia dan mengatur operasional proyek di POI. Happy Mapping dengan OSM.

Elida Nurrohmah

Program Manager

Bergabung dengan OSM Indonesia sejak 2012, Elida memiliki pengalaman pengumpulan dan pemanfaatan data OSM di berbagai bidang, baik sosial ekonomi, lingkungan, maupun kebencanaan. Meskipun tugas utamanya sebagai Project Manager, Elida tetap mengikuti passion nya untuk selalu mengembangkan inovasi pemanfaatan data OSM, baik berbasis desktop maupun web (webGIS).

R.L.Kartika Sari

Finance & Operations Manager

Ika memperoleh gelar Sarjana Akuntansi dari Universitas Indonesia. Sebagian besar pengalaman bekerjanya adalah untuk berkontribusi di lembaga non profit. Ika berharap melalui perannya sebagai Manajer Keuangan dan Operasi, ia dapat ikut memberikan kontribusi yang positif untuk perkembangan POI.

Adhitya Dido Widyanto

Communication Specialist

Dido menggeser posisinya sebagai Communication Specialist, membantu menyebarkan pengetahuan yang lebih luas tentang penggunaan OpenStreetMap di Indonesia. Selama lebih dari setahun, Dido berhasil membuat beberapa konten dalam Bahasa Indonesia yang berbicara tentang bagaimana OpenStreetMap bisa menjadi alat pemetaan yang hebat secara gratis.

Tri Selasa Pagianti

Training Manager

Tri adalah seorang Training Manager di POI. Dia sudah bergabung sejak tahun 2017. Peraan utamanya dalam tim adalah mengelola dan memberikan pelatihan mengenai GIS, khususnya OpenStreetMap. Dia suka berkunjung ke tempat baru, mendengarkan musik, menonton serial TV dan bermain dengan kucing-kucingnya.

Fatisya Ilani Yusuf

Quality Assurance

Fatisya adalah seorang Quality Assurance di POI. Dia bergabung sejak tahun 2017 dan sering melakukan proyek pemetaan dan juga validasi. Sebagai seorang Quality Assurance, Fatisya berharap masyarakat dapat melakukan pemetaan OSM dengan baik sehingga dapat menghasilkan data yang akurat.

Dinar Adiatma

Project Associate

Dinar adalah Project Associate di POI. Selama 4 tahun, Dinar berpengalaman dalam memimpin tim untuk memetakan objek jalan OpenStreetMap di wilayah Indonesia, Malaysia, dan Vietnam. Jika tidak sedang mengecek kualitas hasil pemetaan tim, Dinar biasanya membaca buku beragam topik atau berolahraga.